Uni Papua dan Muhammadiyah MoU Perdamaian Lewat Sepak Bola

0
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (tengah) diapit Presiden Football for Peace Interfaith Indonesia KH. Zahrul Azhar Asumta (kedua dari kiri) dan Founder Uni Papua Harry Widjaja (kedua dari kanan). Foto: Bola.com.

TabloidCermin.Com, Jakarta – Uni Papua dan PP Muhammadiyah sepakat mengembangkan karakter bangsa Indonesia melalui sepak bola. Kesepakatan terjalin dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Uni Papua dan PP Muhammadiyah di Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019) lalu.

Baca juga: Jadi Inspektur Upacara di Perbatasan Papua, Cak Nanto Tekankan Pentingnya Persatuan dan Kesatuan

“Dengan penandatanganan MoU yang dilakukan Muhammadiyah bersama Uni Papua, kami akan kembali menggunakan sepak bola sebagai wadah untuk mempersatukan bangsa. MoU ini juga bertujuan untuk membangun karakter bangsa, agar sepak bola bisa melahirkan masyarakat yang cinta damai, cinta persaudaraan, dan cinta keragaman,” ujar Haedar Nasir dilansir Tabloidcermin.com dari Bola.com.

MOU ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr. H. Haedar Nashir dan Founder Uni Papua Harry Widjadja. Dalam kerjasama tersebut Uni Papua akan memberikan pelatihan mengenai materi pembinaan kepada pengajar di sekolah Muhammadiyah.

“Melalui kerja sama ini, Muhammadiyah tidak pernah mengenal lelah untuk bisa membangun bangsa Indonesia melalui karya-karya nyata di masyarakat,” sambung Haedar.

Baca juga: Sekretaris MWK Jateng: Model Pengelolaan Wakaf Muhammadiyah Perlu Direformasi

Founder Uni Papua Harry Widjaja mengatakan, dalam waktu dekat pihakanya akan menggelar coaching clinic dan mendatangkan pelatih bersertifikat internasional untuk membantu Muhammadiyah dalam sepak bola.

“Saya berharap pembinaan karakter lewat sepak bola ini, yang nantinya akan menjadi bagian ekstrakurikuler di sekolah Muhammadiyah, bisa ikut membantu pengembangan karakter,” ujar Harry Widjaja.

Bentuk konkret kerja sama, Muhammadiyah dan Uni Papua juga akan memperingati hari perdamaian dunia pada 21 September 2019 dengan menggelar Football for Peace. Muhammadiyah dan Uni Papua berencana mengundang duta negara sahabat dan juga mitra yang dimiliki oleh kedua organisasi tersebut.

Dalam kegiatan tersebut juga akan ada pertandingan yang melibatkan tokoh lintas agama sebagai bentuk konkret dari perdamaian yang ada di Indonesia. []

Sumber Data: Bola.com
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here