SD Muhammadiyah 8 Jagalan Isi Jeda Tengah Semester dengan Gerakan Literasi hingga Kreasi Sampah Plastik

0

TabloidCermin.Com, Solo – Usai menjalani Penilaian Tengah Semester I (PTS I) yang berlangsung selama sepekan, siswa-siswi SD Muhammadiyah 8 Jagalan, Surakarta, Jawa Tengah, mengikuti disambut kegiatan jeda tengah semester. Sejumlah kegiatan digelar selama dua hari, Senin-Selasa (23-24/9/2019).

Beberapa kegiatan meliputi gerakan literasi, pembuatan kreasi sampah plastik, dan penyuluhan kesehatan reproduksi remaja.

Kegiatan jeda tengah semester tersebut merupakan kegiatan tahunan sekolah untuk mengisi penggalan paruh waktu. Tujuannya, dengan gerakan literasi diharapkan dapat meningkatkan budaya minat baca siswa. Kreasi sampah plastik dikasudkan untuk menumbuhkan kreativitas siswa dengan menciptakan sarana berkreasi pengolahan sampah plastik. Penyuluhan kesehatan reproduksi untuk memberikan pemahaman siswa.

Pada kekesempatan tersebut, SD Muhammadiyah 8 mendatangkan Perpustakaan Keliling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta, Komunitas Kreasi Sampah Ekonomi Kota, dan Puskesmas Pucangsawit sebagai pemateri.

Kepala Sekolah Parimin mengatakan, kegiatan jeda tengah semester menjadi suatu terobosan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan agar siswa tidak merasa jenuh.

“Gerakan literasi menjadi program utama yang harus terus berjalan di sekolah untuk membuka wawasan luas kepada siswa,” katanya.

Siswa terlihat begitu antusias dan bergembira. Siswa dengan hasil resum terbaik pada setiap kelas rencananya akan diberi hadiah pada saat upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2019 mendatang. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here