SD Muhammadiyah Sudagaran Juara I Sekolah Budaya Mutu Nasional

0

TabloidCermin.Com, Wonosobo – Selolah Dasar Muhammadiyah Sudagaran meraih juara 1 Lomba Budaya Mutu 2019 yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI. Even tahunan yang bertujuan mencari sekolah yang memiliki keunggulan komponen penunjang proses pembelajaran tersebut berlangsung di Surabaya 15-18 Oktober 2019.

Pada kesempatan tersebut sebanyak 120 sekolah yang meliputi SDN rujukan, SD Negeri, SDN 3T, dan SD swasta, akan menampilkan program terbaiknya. SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo lolos di Grand Final Lomba setelah melewati proses yang cukup panjang. Mulai dari pengiriman portofolio, visitasi, dan akhirnya masuk untuk maju grand final.

Komponen yang dinilai dalam even tersebut meliputi manajemen berbasis sekolah, pembelajaran, ekstrakurikuler, perpustakaan, dan UKS. Semua komponen tersebut dinilai oleh tim juri yang kredibel mulai dari direktorat, praktisi pendidikan, maupun dosen yang mumpuni di bidang pendidikan, sehingga hasil yang muncul merupakan tingkat mutu dari masing-masing komponen yang dilihat dari berbagai aspek.

Program kreatif SD Muhammadiyah Sudagaran melalui pembelajaran Kelas Maya membuat salah satu juri tertarik saat Sukaryo menyampaikan presentasi di hadapanjuri.

“Saya tertarik Kelas Maya yang sekolah bapak kembangkan, bagaimana cara yang akan bapak lakukan agar anak-anak tidak salah arah dalam pembelajaran kelas maya?” tanya Setiyo Iswoyo seorang pakar pendidikan.

“Penggunaan gawai dalam pembelajaran kelas maya yang diprogramkan sekolah ada dua hal yang pertama bentuk belajar di rumah dengan pendampingan orangtua dan belajar di sekolah dengan di dampingi guru, diharapkan dengan adanya kelas maya yang dapat di akses via android mampu mmberikan muatan positif dalam penggunaan gawai yang sudah tak terbendung, ” jawab Sukaryo dari SD Muhammadiyah Sudagaran.

Dari berbagai keunggulan yang disampaikan seperti Student Exchange dengan Malaysia di MBS-nya, ternyata komponen pembelajaran mendapat perhatian khusus. Dari sana SD Muhammadiyah Sudagaran memperoleh nilai tinggi sehingga ditetapkan sebagai juara I tingkat Nasional tahun 2019. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here