KKN UIN Walisongo Berbagi Cinta Kasih dengan Anak Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah – Muhammadiyah Tuntang

0

TabloidCermin.Com, Semarang – Tim KKN UIN Walisongo Posko 8 Semarang mengunjungi Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah Muhammadiyah di Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, Minggu (27/10/2019). Mereka berbagi cinta kasih kepada sesama dengan sejumlah kegiatan yang bermnafaat bagi anak panti.

Tiga kegiatan di antaranya olah raga bersama, sosialisasi dan aksi cuci tangan serta gosok gigi bersama, dan pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa susu kedelai kepada anak panti.

Panti Asuhan Putri ‘Aisyiyah – Muhammadiyah Tuntang merupakan sebuah yayasan milik Muhammadiyah yang mengakomodir anak anak yang kurang beruntung agar mendapatkan hak hidupnya. Di panti asuhan ini terdapat kurang lebih 50 orang anak di bawah asuhan Bapak Suyuti Dan Ibu Yuni.

Suyuti selaku pengasuh panti menceritakan panti asuhan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak yang kurang berutung. Awalnya mereka terinspirasi dari banyaknya anak yang terlantar dan putus sekolah, melalui semangat fastabiqul khoirot, kemudian mereka berjuang untuk memperjuangkan hak tersebut.

“Anak-anak akan sangat mudah dimasuki oleh berbagai hal. Apabila tidak diarahkan dengan baik maka akan merusak masa depan mereka,” ujar Suyuti.

Dengan berdirinya panti asuhan tersebut, Suyuti berharap anak anak dapat terbina, baik dalam masalah aqidah, iman, sosial, maupun fisik dan mentalnya sesuai apa yang di amanatkan oleh pendiri Muhammadiyah.

Pengurus panti mengapresiasi program kerja divisi kesehatan Posko 48 KKN UIN Walisongo Semarang yang diwujudkan dengan kegiatan tersebut. Kegiatan mereka dinilai dapat membina mental, kesehatan, dan akhlak anak panti.

Fajar Wisnu Ashari, peserta KKN yang juga Kader IMM Al Faruqi UIN Walisongo Semarang mengaku memang sengaja melakukan kegiatan tersebut dengan tujuan pemberdayaan anak, penanaman karakter hidup sehat, wujud cinta kepada mereka. Selain itu juga membuktikan kepada mereka bahwa masih banyak yang peduli.

“Tujuan utamanya ialah mensiarkan agama Islam sesuai tema KKN UIN WS yaitu “pemberdayaan masyarakat berbasis masjid dan madrasah” dan juga dalam rangka menghidup hidupi Muhammadiyah,” ujar Fajar.[]

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here