Juara Umum dan Daftar 10 Besar Juara OlympicAD VI Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah 2019

0
Penutupan OlympicAD VI dan pembagian juara pemenang di Gedung Serba Guna (GSG) Unimus, Senin (28/10/2019) malam. Foto: Ilyas.

TabloidCermin.Com, Semarang – Olimpiade Ahmad Dahlan (OlympicAD) Nasional VI 2019 sukses digelar selama dua hari, Minggu-Senin (27-28/10/2019) di Komplek Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Unimus pukul 20.00.

OlympicAD VI Nasional 2019 diikuti sebanyak 7.075 peserta perwakilan dari Majelis Dikdasmen seluruh Indonesia. OlympicAD memperebutkan juara dari 21 cabang lomba, antara lain Robotik, Tahfidzul Qur’an, Fahmjl Qur’an, dan Lomba Majalah Sekolah.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan medali, Majelis Dikdasmen Jawa Tengah berhasil menjadi Juara Umum dengan perolehan medali sebanyak 238 buah dengan rincian 81 Medali Emas, 79 Medali Perak, dan 78 Medali Perunggu. Juara 2 diraih Majelis Dikdasmen Jawa Timur. Sedangkan Juara 3 diraih Majelis Dikdasmen D.I Yogyakarta.

Pada kesempatan yang sama, panitia juga mengumumkan juara 10 besar OlympicAD. Berikut ini juara 10 besar dan rincian perolehan medali peserta OlympicAD VI Nasional 2019

1. Majelis Dikdasmen Jawa Tengah
Medali Emas: 81 buah
Medali Perak: 79 buah
Medali Perunggu: 78 buah
Total: 238

2. Majelis Dikdasmen Jawa Timur
Medali Emas: 57 buah
Medali Perak: 34 buah
Medali Perunggu: 36 buah
Total: 91 buah

3. Majelis Dikdasmen D. I Yogyakarta

Medali Emas: 45 buah
Medali Perak: 49 buah
Medali Perunggu: 56 buah
Total: 150 buah

4. Majelis Dikdasmen Lampung

Medali Emas: 28 buah
Medali Perak: 21 buah
Medali Perunggu: 16 buah
Total: 65 buah

5. Majelis Dikdasmen Jawa Barat

Medali Emas: 9 buah
Medali Perak: 17 buah
Medali Perunggu: 9 buah
Total: 35 buah

6. Majelis Dikdasmen Bali

Medali Emas: 6 buah
Medali Perak: 4 buah
Medali Perunggu: 0 buah
Total: 10 buah

7. Majelis Dikdasmen Sumatera Selatan 

Medali Emas: 5 buah
Medali Perak: 17 buah
Medali Perunggu: 8 buah
Total: 31 buah

8. Majelis Dikdasmen DKI Jakarta

Medali Emas: 4 buah
Medali Perak: 8 buah
Medali Perunggu: 9 buah
Total: 21 buah

9. Majelis Dikdasmen Banten

Medali Emas: 4 buah
Medali Perak: 3 buah
Medali Perunggu: 8 buah
Total: 15 buah

10. Majelis Dikdasmen Riau

Medali Emas: 2 buah
Medali Perak: 0 buah
Medali Perunggu: 0 buah
Total: 2 buah.

OlympicAD Rekor Tertinggi
Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Baedhowi menyebut Olimpiade Ahmad Dahlan (OlypicAD) VI yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mencetak rekor tertinggi dibanding OlympicAD sebelumnya.

Hal ini dilihat dari banyaknya peserta yang mencapai 7.075 orang. Selain itu, pada pembukaan OlympicAD juga meriah karena dibuka dengan Jateng Bermunajat di Alun-Alun Simpang Lima Semarang. Puluhan ribu warga Muhammadiyah di Jawa Tengah hadir hingga membuat jalan di kawasan Simpang Lima macet.

“Mudah-mudahan OlympicAD tahun ini menjadi pelajaran untuk kita semua bagaimana menyelenggarakan acara dengan sukses, dimulai dengan pembukaan di Simpang Lima,
dan ini merupakan rekor OlympicAD terbesar selama ini,” ujar Baidhowi dalam sabutan penutupan, Senin (28/10/2019) malam.

Baedhowi bersukur acara berjalan lancar. Diapun mengaku bangga.

“Saya bangga. saya rasakan sejak kegiatan baru dimulai, karena pak Tafsir menunjuk Unimus sebagai tuan rumah, saya bangga karna Rektor Unimus sangat bersemangat dan beliau langsung mengecek persiapan-persiapan penyelenggaraan. Saya juga bangga dengan ketua Dikdasmen PWM Jateng mulai persiapan hingga selesai, dan saya juga bangga dengan ketua panitia yang sudah melaksanakan dengan baik,” papar Baedhowi.

Menurut Baedhowi, penyelenggaraan OlympicAD sesuai dengan perkembangan zaman milenial karena pelaksanaan dilaksanakan dengan menggunakan sistem yang sudah bagus. “Selamat untuk suksesnya acara OlympicAD,” imbuhnya. []

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here