Butuh 45 Milyar, Muktamar Muhammadiyah Solo Bakal Gunakan Dana Mandiri

0
Rapat terbatas panitia Muktamar Muhammadiyah ke-48 di ruang rapat BPH UMS, Senin (5/11/2019). (Foto/Ilyas)

TabloidCermin.Com, Solo – Perhelatan Muktamar Muhammadiyah Solo ke-48 di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Juli 2020 ditaksir menghabiskan dana Rp 45 Milyar. Hal tersebut disampaikan Ketua panitia Muktamar Marpuji Ali di sela-sela acara rapat terbatas panitia Muktamar di ruang rapat BPH UMS, Senin (5/11/2019).

“Kurang lebih kita membutuhkan dana 45 M untuk kegiatan Muktamar Muhammadiyah ke 48,” kata Marpuji kepada TabloidCermin.com.

Untuk kebutuhan dana tersebut Marpuji menyampaikan, Muhammadiyah akan menggunakan dana mandiri. Dana tersebut dikumpulkan dari iuran warga Muhammadiyah dan Amal Usaha Muhammadiyah.

“Kita akan memaksimalkan iuran dari warga dan AUM,” kata pria yang juga Bendahara Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini.

Marpuji menjelaskan, penggunaan dana mandiri untuk Muktamar bukan kali pertama dilakukan. Menurutnya, 3 Muktamar sebelumnya yakni di Malang, Yogyakarta, dan Makassar juga menggunakan dana mandiri.

“Pengalaman 3 kali Muktamar Alhamdulillah pendanaan bisa dimaksimalkan dengan dana mandiri Muhammadiyah,” tuturnya.

Bahkan PP Muhammadiyah tidak mengajukan proposal bantuan dana Muktamar kepada pemerintah. Namun demikian, lanjut Marpuji, Muhammadiyah bukan berarti tertutup atas bantuan dana dari pihak lain.

“Muhammadiyah tentu membuka diri kepada siapapun yang bersedia menyumbangkan dana untuk Muktamar Muhammadiyah ke 48. Kita tidak akan menghalangi siapapun yang mau beramal sholih,” jelasnya. []

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here