Siswa MIM PK Boyolali “Siap Jadi Ilmuan Cilik”

0
Salah satu siswa MIM PK Boyolali belajar menggunakan mikroskop saat PPL di Universitas Muhammadiyah Solo (UMS), Kamis (31/10/2019). (foto/humas)

TabloidCermin.Com, Boyolali – Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Program Khusus (PK) Boyolali melakuka praktek Pembelajaran Lapangan (PPL) di Laboratorium Biologi (Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut adalah “Aku Siap Jadi Ilmuan Cilik”.

Pagi itu, Kamis 31 Oktober 2019, mereka sudah siap memasuki armada yang sudah ditentukan. Persiapan bekal sudah dibawa untuk mengisi amunisi selama perjalanan. Hari itu merupakan hari yang sudah ditunggu-tunggu oleh siswa MIM PK Boyolali.

Pukul 07.30 mereka sudah sampai di UMS. Dengan berbaris rapi, mereka menuju ke Laboratorium Biologi. Mereka mendapat pengarahan dari ibu dosen dan para aisten laboratorium. Mereka terlihat sangat antusias.

Di laboratorium mereka belajar banyak hal, antara lain, pertama, penggunaan mikroskop. Satu per satu anak-anak memegang mikroskop dan melihat sel sebagai preparat. Mereka terkagum-kagum dengan keberadaan sel tersebut. Itu pengalaman pertama mereka menggunakn mikroskop.

Kedua, pengamatan awetan hewan dan tumbuhan. Para siswa dengan berputar masing-masing kelompok melihat berbagai macam hewan dan tumbuhan yang sudah diawetkan. Mereka juga belajar cara untuk membuat awetan tersebut. Hewan yang diawetkan yaitu ular, berbagi jenis serangga (kaki seribu), dan hewan laut. Para siswa sampai mlongo melihat ular di dalam toples kaca.

Ketiga, kegiatan Edukasi di Green House. Green merupakan tempat istimewa untuk pemuliaan tumbuhan hijau. Di sana para siswa melihat berbagai macam jenis tanaman yang mungkin belum mereka kenal sebelumnya.

Selain itu, mereka juga belajar menanam tanaman sendiri dan dibawa pulang untuk dirawat. Sebagai edukasi karakter building.

Keempat, edukasi pengolahan limbah. Di corner pengolaahan limbah, para siswa belajar cara membuat pupuk cair, mengamati vinegar, dan hasil kultur jaringan. Di sini mereka juga terkagum-kagum karena melihat pohon pisang di dalam botol kaca.

PPL MIM PK Boyolali dilakukan satu kali dalam semester. Pada PPL tahap I ini fokusnya pembelajaran. PPL dimaksudkan untuk menambah pengetahuan anak-anak dan membentuk karakter bulding cinta lingkungan.

“Us, aku seneng, bisa lihat ular, mikroskop, tanaman banyak,” kata Kinan, salah satu siswa kelas 2A. []

Reporter: Fawaid/Via Humas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here