Ketum IMM Dorong Lahirnya Atlet Sepakbola Nasional Lewat Liga HW 2019

0
Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) M Najih memberika sambutan positif atas Liga HW 2019. (foto/istimewa)

TabloidCermin.Com, Jakarta – Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) M Najih mengatakan bahwa Liga HW 2019 bisa menjadi oase di tengah kejumudan sepak bola Indonesia yang tidak tentu arah. Ikhtiar Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) melalui Liga HW 2019 diharapkan memberikan dorongan bagi semua pihak untuk bersama memikirkan dan memajukan sepak bola nasional.

“Problem sportivitas dan integritas menjadi salah satu persoalan yang perlu kita tanamkam dan ajarkan dalam dunia sepak bola,” kata Najih dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/11/2019).

IMM menekankan demikian sejalan dengan selesainya seluruh pertandingan Liga HW Zona I, dimana HW FC Universitas Muhammadiyah Jakarta keluar sebagai juaranya. HF FC Universitas Muhammadiyah Jakarta menang tipis atas Surya Lampung FC dengan skor 2-1 pada pertandingan final yang dihelat di Stadion UMJ, Ciputat, Minggu 10 November 2019.

Namun demikian, Surya Lampung FC tetap mewakili Zona I yang meliputi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat bersama HW FC pada babak perempat final. Keduanya akan bertanding dengan dua tim terbaik dari masing-masing zona. Yakni Zona II mencakup wilayah Jawa Tengah, Zona III mencakup DIY dan Zona IV yang meliputi wilayah Jawa Timur.

Dikatakan Najih, Liga HW 2019 selain mencari bibit-bibit baru atlet sepak bola dari Muhammadiyah juga sebagai ladang dakwah. Syiar Islam melalui kegiatan yang populer di masyarakat ini diyakini akan lebih mengena karena bersentuhan langsung dengan seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali.

Melalui pertandingan sepak bola Liga HW 2019 diberi contoh bagaimana perjuangan harus dilakukan secara sportiv dengan mengedepankan keterampilan dan kekuatan seluruh pemain. Sepak bola ini juga sekaligus menjadi perekat seluruh lapisan masyarakat, selain poin utama yaitu lahirnya atlet sepak bola yang berprestasi.

“Liga HW dan Muhammadiyah yang mempunyai sejarah panjang tentang sepak bola berharap akan lahir pemain bola kelas nasional bahkan internasional dan mampu mensyiarkan bahwa Indonesia itu sportiv dan berintegritas,” kata Najih.

Untuk diketahui, final Zona I dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Sekum PP Muhammadiyah Abdul Muti dan Rektor UMJ diwakili Dekan FISIP.

Dari Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), hadir Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto, Ketum PP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah M Najih, Ketum PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah Hafizh Syafa’aturrahman.

Dimana dalam sambutannya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengapresiasi kegiatan turnamen yang diselenggarakan kader kader muda Muhammadiyah. Ia berharap melalui Liga HW 2019 benar-benar akan melahirkan atlet sepakbola yang unggul dan diselenggarakan secara berkelanjutan.

Kapolda menyinggung visi besar Menpora yang baru dalam rangka memajukan sepakbola nasional. Perpaduannya dengan Muhammadiyah melalui Liga HW 2019, selain syiar Islam yang sangat mulia juga sekaligus menjaring atlet-atlet dari Muhammadiyah.

Sementara Menpora Zainuddin Amali mengatakan Liga HW 2029 Angkatan sangat positif dan sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan prestasi olahraga khususnya olahraga.

“Pemerintah mendorong agar pemuda sukses berwiraswasta, mendorong lahirnya pemuda yang kreatif, inovatif, memiliki daya saing dan sepakbola ini menjadi salah satu tempat persemaian untuk talenta-talenta olahraga,” kata Menpora.

Menpora berharap para juara dari Liga HW ini selain masuk ke Liga III juga bisa masuk Liga Utama Sepakbola Nasional. AMM diminta terus melakukan pembinaan atlet sepakbola dan bidang olahraga lainnya secara rutin dan berkelanjutan. []

Reporter: Ilyas/Humas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here