English Day SMA Muhammadiyah Bobotsari Bikin Siswa Percaya Diri dan Friendly

0

TabloidCermin.Com, Purbalingga – SMA Muhammadiyah 2 Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar English Day, Selasa (10/12/2019). Kegiatan English Day ini nantinya direncanakan menjadi agenda tahunan sekolah.

Koordinator kegiatan Sulistiana menjelaskan, English Day merupakan progam untuk memberikan ruang aktualisasi diri oleh siswa dalam menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas.

“Kami ingin memberikan ruang kepada siswa bahwa belajar bahasa inggris menjadi komponen yang penting dalam dunia komunikasi. Bahasa Inggris adalah instrument komunikasi bukan tata bahasa yang hanya dihafal,” tuturnya.

English Day kali ini mengmabil tema “Chill Out In English Café” (Bersantai di Kafe Inggris). Siswa SMA Muhammadiyah Bobotsari diarahkan untuk menyajikan makanan dan minuman tradisional. Kemudian menceritakan produk yang disajikan, alat bahan, cara membuat serta manfaat yang didapatkan apabila mengkonsumsi produk tersebut.

Dengan English Day, siswa dapat mengembangkan speaking skills. Mereka melakukan kegiatan ini berkelompok yang bertujuan mampu melatih jiwa kolaborasi. Mereka juga ditugaskan mengambil video secara mandiri oleh tiap–tiap kelompok sebagai sarana untuk mengembangkan IT.

Selain itu, siswa melakukan komunikasi persuasive kepada Foreign Speaker (Penutur asing) dari Bangladesh. Foreign Speaker ini merupakan mahasiswa asing yang sedang menempuh study di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

“Acara English Day sengaja kami hadirkan untuk memberikan pembelajaran penuh makna,” kata Kepala Sekolah Muakhar Abdu Salam dalam sambutannya.

Muakhar mendukung penuh kegiatan English Day dan memeberikan semangat kepada siswa untuk berani berbicara dan belajar kebudayaan dari orang asing.

Nabil Makarim, siswa kelas XI MIA, terlihat antusias bersama kelompoknya mengikuti kegiatan. Sementara Arya, siswa lain, menyajikan wedang uwuh sebagai minuman tradisional.

“Seru! dan kita bisa komunikas langsung dengan orang orang asing, juga menceritakan makanan kesukaanya baik dari Indonesia maupun Bangladesh. Bulenya cantik pula” tutur Arya polos.

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here