Siswa Muhammadiyah Surakarta Tanam Pohon di Sekolah

0

TabloidCermin.Com, Solo – Penghijauan punya peran penting sebagai sumber daya kehidupan. Sadar akan hal tersebut, SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta adakan pelestarian lingkungan dengan melakukan penghijauan sekolah, Selasa (10/12/2019). Kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka memperingati Milad SD Muhammadiyah 8 Jagalan ke-58.

Tidak hanya dengan menanam pohon saja, para siswa melakukan kerja bakti, membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar sekolah dan membuang sampah pada tempatnya.

‘’Tujuannya untuk program pelestarian lingkungan sekaligus menunjang program sekolah sehat di sekolah kami,’’ tutur Kepala SD Muhammadiyah 8 Jagalan Parimin Tedjo Pramono.

Kepala sekolah yang akrab disapa Parimin itu menjelaskan, guna menciptakan sekolah yang sehat, bersih dan nyaman, seluruh warga sekolah harus juga mampu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan keluarga.

“Dengan demikian, kebiasaan positif di rumah akan dengan mudah dibawa di lingkungan sekolah,” katanya.

Panitia Milad Andri menyampaikan, berbagai jenis tanaman disediakan oleh siswa dan wali murid. Masing-masing kelas menyediakan tanaman, antara lain tanaman hijau, tanaman toga, tanaman buah, serta berbagai jenis bunga.

“Kami panitia hanya memfasilitasi peralatan kebersihan dan media tanam saja. Selebihnya adalah kreativitas masing-masing kelas,” jelas Andri.

“Tak hanya menanam, ke depannya siswa juga akan dilibatkan dalam kegiatan perawatan tanaman sekolah melalui piket kelas. Seperti menyiram tanaman dan membersihkan daun yang gugur,” sambungnya.

Andri berharap program penghijauan dapat membentuk karakter siswa yang cinta terhadap lingkungan. Pembiasaan sejak dini diharapkan dapat tertanam dalam benak siswa sehingga dapat terbiasa dengan kegiatan-kegiatan yang tujuannya untuk pelestarian lingkungan.

” Terkait penanaman pohon, kami berharap bisa membuat area sekolah semakin rindang. Sehingga, lebih nyaman untuk kegiatan pembelajaran. ‘Memperbanyak oksigen sekaligus untuk meningkatkan sumber air,’’ tandasnya. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here