UM Purwokerto Terjunkan 334 Mahasiswa di Kabupaten Pemalang

0

TabloidCermin.Com, Pemalang – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) akan menerjunkan 334 mahasiswanya di Kabupaten Pemalang dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Selama 32 hari mereka akan diterjunkan di 30 desa di Kecamatan Comal, Ampel Gading, dan Petarukan.

Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMP Suwarno saat sosialisasi KKN di SMP Muhammadiyah 7 Kebagusan, Minggu (5/1/2020).

“Mahasiswa UMP akan diterjunkan sejak 12 Januari mendatang,” ujarnya.

Menurut Suwarno, mahasiswa KKN UMP ini akan terus bekerja setiap hari tanpa ada liburan. Mahasiswa diwajibkan bekerja minimal 8 jam dalam sehari atau 250 jam selama 32 hari. Dia menjelaskan, program KKN UMP ini memiliki bobot 3 SKS.

“Kecuali ada keperluan penting diperbolehkan ijin,” imbuhnya.

Suwarno menyampaikan, program KKN di 3 Kecamatan ini direncanakan berjalan rutin selama 3 tahun ke depan. Ia menginginkan UMP mampu memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat melalui program KKN.

“KKN UMP ini akan dijadikan pilot project untuk dijadikan percontohan KKN Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se Indonesia. Kami ditunjuk untuk mengkonsep KKN Kampus Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah,” terangnya.

Adapun tujuan KKN UMP tersebut akan berfokus pada peningkatan keagamaan. Peserta KKN akan digembleng untuk melaksanakan ibadah dengan baik.

“Kalau ada mahasiswa yang tidak ikut sholat berjamaah, terutama sholat subuh laporkan saya,” ujar Suwarno.

Selain ibadah mahasiswa, mahasiswa diminta mengaplikasikan kepasitasnya sesuai program studi masing-masing. Ilmu yang didapat selama di bangku kuliah diharapkan mampu memberikan manfaat nyata terhadap masyarakat.

“Yang kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan seterusnya agar menyesuaikan dengan kebutuhan di masyarakat,” tuturnya. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here