Perwakilan PCM Mandiraja Teteskan Air Mata di Perpisahan PDL MTs Al-Mu’min

0

TabloidCermin.Com, Temanggung – Praktik Dakwah Lapangan (PDL) 67 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung yang berlangsung pada 28 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 mengundang haru perwakilan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. PCM Mandiraja memiliki kesan berbeda pada siswa Al-Mu’min dibanding dengan kegiatan serupa oleh pihak lain.

PCM Mandiraja mengaku terharu dengan aktivitas dan sikap para siswa seperti kemandirian, kesiapan para santri tinggal selama 10 ari untuk berdakwah, tak perna mengeluh meski tanpa fasilitas sepeda motor dan harus berjalan kaki, atau yang tanpa main HP.

“MTs Al-Mu’min luar biasa,” ungkap perakilan PCM Mandiraja sembari meneteskan air mata dalam pidato perpisahan.

Di kalangan siswa yang juga santri itu ada yang tidak kalah menarik. Meski berada di desa terpencil, mereka tetap terlihat senang serta mampu mengubah suasan menjadi menyenangkan walaupun kondisi medan mengerikan.Selama di sana, mereka melakukan bersih-bersih masjid, berbaur dengan masyarakat, membantu memperbaiki atap yang bocor, bahkan tak keberatan untuk tetap mengajar TPQ meski jarak cukup jauh.

Kegiatan simaan Al-Qur’an, mengajar Iqro’, bermain disela-sela pelaksanaan TPQ, hingga lomba antar TPQ binaan masing-masing kelompok PDL pun mereka langsungkan. Lomba hafalan juz 30, lomba sholat, lomba adzan, lomba cerdas cermat islam, lomba kisah-kisah nabi hingga lomba kaligrafi pun juga mereka laksanakan. Perlombaan sebelumnya digelar di TPQ masing-masing binaan kelompok PDL, para peserta yang menang didelegasikan untuk bertanding di lomba antar TPQ binaan PDL masing-masing kelompok.

Beberapa santri memperlihatkan bakatnya. Beberapa anak yang kemampuan kurang menonjol di sekolah justru menjadi idola bagi anak-anak TPQ karena ketelatenan mereka dalam membina anak-anak TPQ. Mereka mengajarkan iqro’ ataupun memberikan materi-materi baru yang belum didapatkan anak-anak TPQ di lokasi PDL tersebut.

“Memang PDL ini juga menjadi salah sarana anak untuk menggali bakatnya dan berkipra sesuai bidangnya masing-masing yang mungkin tidak ditemukan dibangku kelas,” ungkap Ustadzah Yuntofiah, sala satu pembimbing kelompok. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here