SMK Muhammadiyah Magelang Ajak Siswa Kunjungi Tempat-Tempat Industri di Semarang

0

TabloidCermin.Com, Kota Magelang –Dalam rangka mengenalkan dunia industri kepada siswa, SMK Muhammadiyah Kota Magelang ajak siswa berkunjung ke dunia industri secara langsung. Semarang menjadi kota pilihan untuk melaksanakan kunjungan tersebut.

Selain karena banyak industri besar Semarang dinilai sebagai kota yang menjadi rujukan untuk mencari lapangan pekerjaan. Kunjungan dilakukan di beberapa industri besar. Setiap jurusan mengunjungi industri yang sesuai dengan jurusannya.

Kegiatan dilaksanakan Rabu (8/1/2019). Kunjungan tersebut merupakan agenda tahunan yang bertujuan mengenalkan dunia industri. Terutama yang berkaitan dengan peluang kerja dan gambaran pekerjaan yang bisa dimasuki para siswa.

Jurusan Kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan Farmasi Klinis dan Komunitas (FKK) berkunjung ke PT. Nissin Biscuit Indonesia. Sedangkan Kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di PT. Tjokro Bersaudara dan kompetensi keahlian Multimedia (MM) di Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK).

“Sebagai amal usaha Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah Kota Magelang senantiasa memberikan peluang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengeksplore segala bentuk usaha atau peluang yang ada dalam dunia bisnis, karena untuk menghadapi revolusi industri tentu diperlukan kemampuan untuk membaca peluang,” ungkap Latifah Ketua Panitia.

Salah satu hasil kunjungan yang diikuti oleh 135 siswa tersebut, akan dilaksanakan program lanjutan dengan dimotori BKK (Bursa Kerja Khusus). Setiap siswa dapat memperoleh bimbingan dan arahan seputar informasi kerja.

“Setelah kunjungan selesai seluruh siswa juga diwajibkan menyusun laporan kunjungan agar mampu merecord apa yang di dapatkan selama kunjungan yang akan dibimbing oleh wali kelasnya masing-masing,” jelas Latifah.

Kepala SMK Atiningsih mengatakan, pihak sekolah selalu mengajak siswa belajar langsung agar sejak awal masuk SMK mereka sudah memiliki gambaran akan bekerja dalam bidang apa. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here