SMK Muhammadiyah Semarang Seleksi 15 Siswa Calon Pengusaha Muda

0
Siswa SMK Muhammadiyah 1 Semarang mengikuti audisi calon pengusaha muda di aula 2 sekolah, , Senin (20/1/2020). (Foto/Istimewa).

TabloidCermin.Com, Semarang – SMK Muhammadiyah 1 Semarang mengadakan audisi calon pengusaha muda, Senin (20/1/2020). Kegiatan yang berlangsung di aula 2 sekolah tersebut untuk menjaring siswa yang memiliki bakat dan minat untuk menjadi wirausahawan muda.

Sebanyak 50 siswa mengikui audisi tersebut. Mereka diseleksi menjadi 30 besar. Kemudian 30 siswa yang lolos mengikuti audisi. Tim selekstor dari Lembaga Tangan Terampil SMK Muhammadiyah Semarang Nathalia, Dosen Pascasarjana UNTAG Semarang yang pernah memimpin IMA (Indonesian Marketing Association) Jawa Tengah Adi Ekopriyono, Praktisi Marketing Online Desty, dan Pendamping UKM dari Dinas UMKM Jawa Tengah Arif Budiono.

Rencananya, 15 besar peserta terpilih akan mendapat couching clinic dan pendampingan selama 3 bulan. Mereka akan dilatih menjadi calon pengusaha muda. Selama pelatihan mereka akan mendapatkan materi antara lain mental block, motivasi wirausaha, how to start business, public speaking , marketing online dll.

Tim seleksi Nathalia dari Lembaga Tangan Terampil SMK Muhammadiyah Semarang, Dosen Pascasarjana UNTAG Semarang Adi Ekopriyono, Praktisi Marketing Online Desty, dan Pendamping UKM dari Dinas UMKM Jawa Tengah Arif Budiono saat menyeleksi calon pengusaha muda di SMK Muhammadiyah Semarang, Senin (20/1/2019). (Foto/Istimewa).

Setelah 3 bulan mendapatkan materi, mereka akan mendapat tugas praktek usaha yang dengan diawali magang, dilanjutkan dengan membuka usaha mandiri.

“Nantinya setelah lulus sekolah diharapkan mereka sudah siap untuk menjadi pengusaha meskipun dimulai dari usaha kecil-kecilan,” kata Waka Humas Du-Di SMK Muhammadiyah 1 Semarang Dwi Kartika.

“Untuk itu anak-anak tidak hanya dibekali dengan teori kewirausahaan, namun yang lebih penting adalah mereka memiliki mental kuat dan tough sebagai syarat untuk menjadi pengusaha,” imbuhnya.

Untuk diketahui, SMK Muhammadiyah 1 Semarang saat ini tengah gencar melakukan gebrakan-gebrakan dalam rangka mengembangkan diri menjadi sekolah unggul di Kota Semarang. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here