Bedah Film “Jejak Langkah 2 Ulama”, Tafsir: Wajah Islam Indonesia Cerminan Kiai Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari

0

TabloidCermin.Com, Semarang – Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Tafsir menyebut wajah Islam Indonesia merupakan cerminan dari pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari. Hal itu disampaikan Tafsir dalam Bedah Film Jejak Langkah 2 Ulama yang dilaksanakan Bidang Remaja Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (PP MAJT) bersama PW PRIMA DMI Jawa Tengah dan Aliansi 3 Remaja Masjid Besar Semarang (RISMA JT, IKAMABA, dan KARISMA) di Perpustakaan MAJT, Semarang, Minggu (23/2/2020) malam.

“Melihat Islam Indonesia pasti melihat NU dan Muhammadiyah,” ujar Tafsir.

Karena itu, menurut Tafsir, suka atau tidak suka, ikon Islam Indonesia tak bisa lepas dari ketokohan dua ulama Indonesia tersebut.

Lebih lanjut Tafsir menuturkan, spirit yang dibangun pendiri Muhammadiyah membangun Islam yang berkemajuan, bukan semangat pemurnian.

“Semangat kemajuan dan semangat kebangsaan,” ucap Dosen FUHum UIN Walisongo tersebut.

Tafsir juga menilai karakter melankolis KH Ahmad Dahlan yang menjadi karakter orang-orang Muhammadiyah sudah terakomodir. Yakni, memberikan layanan pendidikan, sosial, dan kesehatan.

Bedah Film Jejak Langkah Dua Ulama di MAJT juga menghadirkan Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Musahadi. Musahadi mengapresiasi film atas keberaniannya menampilkan artis pendatang baru di dunia perfilman.

“Jangan menyepelekan orang baru, bisa jadi kualitasnya tidak kalah dengan yang lama,” katanya seperti dikutip dari Suaramerdeka.com.

“Coba diperankan artis yang sudah dikenal?, pasti di sini cewek-cewek sudah pada ngantri minta foto bersama,” kelakarnya. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here