Peduli Perempuan Mustadh’afiin, Aisyiyah dan Lazismu Pekalongan Sinergi Gelar Sekolah Wirausaha

0

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan perempuan dan mengangkat harkat martabat keluarga miskin, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) bekerjasama dengan Lazismu Pekalongan mengadakan Sekolah Wirausaha Aisyiyah (SWA) setiap Hari Minggu.

Kegiatan tersebut sudah berlangsung pada 1 Maret 2020 di Gedung Dakwah Muhammadiyah. Kegiatan akan berlanjut hingga 19 April 2020. Kegiatan pertama diikuti 32 peserta dari Pimpinan Cabang Aisyiyah Wiradesa dan sekitarnya.

Wakil Ketua 1 PDA Kabupaten Pekalongan Nani Ismarini mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk wirausaha perempuan pada usia produktif melalui penciptaan lingkungan yang memberikan peluang bagi perempuan untuk berwirausaha.Nani juga menjelaskan, para peserta kegiatan SWA diberi materi mengenai membangun mental bisnis, merancang bisnis, merencanakan proses produksi, menata keuangan dan pembukuan usaha, pemasaran produk, membangun jejaring usaha, kunjungan usaha dan praktek.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekalongan Riyanto menyampaikan, Lazismu merupakan lembaga zakat yang berkhikmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan dana zakat, infaq, shadaqah dan dana sosial keagamaan lainnya secara produktif. Menurut Riyanto, program kerja aksi layanan Lazismu berfokus pada lima pilar, yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah dan sosial kemanusiaan.

“Program SWA merupakan salah satu program sinergi yang dibangun Lazismu dengan PDA. Beberapa program lain yang juga sinergi dengan PDA antara lain Bantuan Permodalan Dampingan BUEKA, Pemberian Makanan Tambahan dan Benah RUmah untuk penderita TB. Hari ini Lazismu juga sedang menyelenggarakan Service Ringan dan Ganti Oli Gratis untuk Driver Ojol, dan bersama Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PDM Kabupaten Pekalongan sedang membuka POSKOR untuk tanggap bencana penanganan banjir di Pantura Kabupaten Pekalongan,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Lazismu Pekalongan juga memberikan bantuan operasional untuk kegiatan SWA sebesar Rp. 6.350.000. Bantuan diserahkan Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekalongan H. Riyanto kepada Wakil Ketua 1 PDA Kabupaten Pekalongan Nani Ismarini, disaksikan Ketua Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan PDA Dr. Chalimah dan Direktur Lazismu Akhmad Zaeni.

Sebelumnya, Lazismu Pekalongan juga telah memberikan bantuan modal Bina Usaha Ekonomi Keluarga Aisyiyah (BUEKA) senilai 5 juta rupiah kepada dua kelompok penerima pada tanggal 17 Februari 2020 lalu di Wonopringgo. []

Reporter: Fawaid/Fakhrudin
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here