Satu Pasien RSUD Kraton Pekalongan Positif Covid-19, Ketua TPPC Muhammadiyah Sesalkan Lemahnya Antisipasi Warga Pulang Kampung

0
Ketua Tim Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 (TPPC) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pekalongan M. Rofiansa Sulthon di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Senin (23/3/2020). (foto/istimewa)

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Satu pasien di RSUD Kraton, Pekalongan, dinyatakan positif covid-19. Pasien beralamat Jakarta Selatan, pulang ke Pemalang. Dia merupakan pasien rujukan dari RSUD Bendan.

Ketua Tim Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 (TPPC) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pekalongan M. Rofiansa Sulthon menyesalkan kejadian tersebut. Menurutnya, pemerintah belum mengantisipasi diliburkannya aktifitas masyarakat di Jakarta yang membuat masyarakat bermobilisasi pulang kampung.
“Pemerintah belum mengantisipasi diliburkannya aktifitas membuat masyarakat bermobilisasi pulang kampung. Orang dari Jakarta mudik dan sholat Jum’at di tempat masing-masing. Ini akan menambah potensi penyebaran virus covid-19,” terang Sulthon saat berkoordinasi di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Senin (23/3/2020).

Sulthon menjelaskan, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pekalongan telah membentuk TPPC agar Muhammadiyah turut andil dalam pencegahan covid-19 di Kabupaten Pekalongan. “TPPC PDM Kabupaten Pekalongan perlu bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan terkait langkah-langkah strategis yang harus segera diambil untuk pencegahan dan penanggulangan wabah virus covid-19,” ujar Sulthon.

Sulthon juga menyampaikan maklumat PDM Kabupaten Pekalongan agar TPPC menggerakkan semua majelis, lembaga, organisasi otonom, amal usaha Muhammadiyah hingga cabang dan ranting dengan langkah kerja yang terstruktur dan terukur.

TPPC PDM Kabupaten Pekalongan sendiri telah membuat posko di Kampus 1 Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) dan menyiapkan 8 buah alat sprayer, alat pelindung diri sederhana, serta alat dan bahan disinfektan. Selian itu, TPPC PDM Kabupaten Pekalongan juga membuka donasi bagi masyarakat yang akan menyalurkan bantuannya baik berupa dana maupun barang melalui rekening kemanusiaan Lazismu Pekalongan.

Berdasarkan data, donasi yang terkumpul sementara mencapai 18 juta dan donasi barang dari masyarakat serta Fikes UMPP berupa hand sanitizer, masker dan alat sprayer elektrik. []

Reporter: Fawaid/Fakhrudin
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here