UM Surakarta Kembangkan e-Seleksi Berbasis Portofolio untuk Calon Mahasiswa Baru

0
Rektor UMS Sofyan Anif (foto/istimewa)

TabloidCermin.Com, Surakarta – Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyadari kesulitan mengakses proses seleksi mahasiswa baru secara langsung. Mensiasati hal tersebut, UMS mengembangkan e-Seleksi berbasis portofolio.

E-seleksi diberlakukan untuk semua jurusan, termasuk kedokteran dan kedokteran gigi UMS. Basis seleksi berdasarkan nilai rapot calon mahasiswa SMU dari semester I-V. Seleksi dapat juga diikuti calon mahasiswa lulusan 2018 dan 2019.

Rektor UMS Sofyan Anif mengatakan, e-Seleksi UMS memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melanjutkan studi di UMS. Cukup dengan mengunjungi http://e-seleksi.pmb.ums.ac.id, peserta seleksi dapat menambahkan informasi tambahan prestasi saat studi di SMU sebagai tambahan pertimbangan dalam penerimaan mahaasiswa UMS.

“Hasil seleksi melalui jalur ini akan diumumkan setiap pekan. Kami berharap proses seleksi ini menjadi alternatif bagi masyarakat untuk dapat mengakses belajar di UMS,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima tabloidcermin.com, Selasa (31/3/2020).

Menurutnya, proses seleksi ini merupakan respon kesiapan UMS dalam menghadapi disrupsi akibat Covid19. Proses ini akan terus berlanjut.

“Proses ini akan dilaksanan seterusnya sehingga dapat diakses oleh masyarakat dari seluruh pelosok tanah air, tanpa kendala waktu dan jarak,” jelas Sofyan. []

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here