Bersatu Padu Lawan Covid 19

0
Mustofa, SH.

Oleh Mustofa, SH*

TabloidCermin.Com – Lakukan dan laksanakan apa bisa menjadi
kenyamanan dan keamanan kita bersama dalam melakukan segala aktifitas kita sehari-hari. Arahan dan himbauan adalah sebagai aspek edukasi guna memperlancar segala hal dan semua aspek kegiatan diri sendiri untuk membawa dampak positif berinteraksi semua pihak tanpa terkecuali ataupun pengecualian.

Dampak covid19 tidaklah kita inginkan untuk hadir, akan tetapi kehadiran itu berdampak. Kita semua berikhtiar untuk menanggulanginya sesuai kompetensi dan kemampuan masing-masing sehingga tidak ada saling menyalahkan, menjauhi apapun itu namanya, akan tetapi bergandeng tangan untuk mencegah wabah covid19 tidak kemana-mana.

Melokalisir penyebaran bisa dengan cara cuci tangan, penyemprotan disenfektan guna mengusir wabah covid19, pemakaian masker ketika bepergian dan semua itu ada bantuan dari pemerintah, bantuan dari ormas keagamaan, penggiat sosial dan sebagainya. Ada semangat bersama untuk mengusir wabah covid19 di seluruh tanah air, tiap daerah para pemangku kebijakan gubernur, bupati, camat, desa, RT, RW serta ormas keagamaan, penggiat kerja sosial ikut berpartisipasi mensuport masyarakat agar tidak panik tetapi waspada serta diiringi jargon jaga jarak dirumah saja, bila bepergian karena mendesak ataupun keperluan logistik.

Dan tak terlupa pahlawan kita dikala wabah covid19 mewabah adalah para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya sebagai garda terdepan dalam memerangi virus covid19 agar bisa hilang dari bumi Indonesia. Upaya dan ikhtiar para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya harus diapresiasi secara penuh dengan suport bantuan alat-alat medis guna mendukung kinerjanya agar jaminan keselamatan dalam kerja terselamatkan.

Pemerintah pusat, daerah, ormas keagamaan melakukan upaya pencegahan covid19 secara bersama. Mereka bersinegri dengan penyediaan alat-alat medis dan penyediaan rumah sakit pemerintah atau swasta, menyediakan pelayanan prima guna memfasilitasi pelayanan, pengobatan secara medis guna pencegahan maupun penyembuhan para korban yang kena dampak covid19 .

Maka pemerintah mengeluarkan aturan tentang PSBB Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) melalui Menkes dan sudah diberlakukan di DKI atas persetujuan Menkes sebagai payung hukum agar bisa dijadikan acuan petunjuk teknis dalam melaksanakan aturan PSBB. Semua itu guna melindungi warga agar terhindar dari covid19. Aturan PSBB kita ikuti jalani agar senantiasa produk aturan itu dengan senantiasa jalani sepenuh hati tidak dengan paksaan, tapi kerelaan guna ada sinergi antara masyarakat dan pemerintah seiring sejalan satu tekad bersatu semua elemen demi hilangnya virus covid19.

Tak terlupa para rohaniawan dan ormas keagaamaan yaitu Kementrian agama, MUI, ormas keagamaan ada Muhammadiyah, NU, PERSIS, AL IRSYAD, AL WASLIYAH dengan mengeluarkan fatwa, himbauan berkenaan dengan tata cara sholat jamaah, sholat jum’at dilaksanakan dirumah. Juga rohaniawan kristen katolik, protestan, Budha, Hindu, konghuju juga menyuarakan himbauan kepada jamaatnya dengan beribadah di rumah. Kemarin pelaksanaan perayaan paskah dan peribatannya juga dirumah dengan dipandu Romo ataupun pendeta lewat video call, zoom ataupun dengan teknologi lainnya. Semua himbauan para tokoh agama juga diikuti semuanya dengan taat agar bisa menjalankan himbauan untuk beribadah dirumah dengan khusuk berdoa dirumah masing-masing.

Tak terlupa para penggiat sosial dari pemerintah ormas keagamaan dengan program memberi sumbangan pakaian ADP kepada tenaga medis serta bantuan sosial pembagian masker gratis, sembako, donasi uang yang disalurkan lewat pemerintah, LAZIZMU LAZIZNU, para artis, pengusaha bergerak untuk menggerakkan penyaluran dana bantuan sosial yang terkena dampak covid19.

Kemdikbud membuat kebijakan anak sekolah dari PAUD, SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi, pesantren sementara waktu pembelajaran dirumah tidak tatap muka tapi dengan model daring dan mulai hari ini Kemdikbud dengan TVRI bekerjasama berkaitan pembelajaran di rumah lewat TVRI. Semua itu bagian dari pencegahan covid19. Semuanya pastinya bergerak bersatu untuk Indonesia tercinta agar lepas dan bisa melewati pandemi covid 19.

Semuanya pastinya sayang pada diri kita, teman, keluarga,masyarakat bangsa dan negara Indonesia. Mari bersama-sama da terus menerus lawan Covid-19. []

*Guru PKn SMP Muhammadiyah 02 Comal, Pemalang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here