Tangguh Hadapi Covid-19, PDA Kota Pekalongan Gerakkan Donasi dan Adopsi Tanaman untuk Ketahanan Pangan

0

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Bantuan sejumlah bibit tanaman sayur oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan untuk menunjang Program Gugus ”Keluarga Tangguh Menghadapi Covid-19 (Katavid )” PDA Kota Pekalongan menjadi stimulus Gerakan Donasi dan Adopsi Tanaman untuk Ketahanan Pangan Keluarga. Gerakan Donasi dan Adopsi tanaman menjadi lahan garap Gerakan Dua yang berkaitan dengan pembuatan warung hidup atau home gardening, kegiatan menanam dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah.

Tanaman donasi diutamakan berupa sayuran yang mudah tumbuh dalam waktu 1-2 minggu. Dalam kondisi pandemi, hal ini sangat diperlukan dalam kondisi pandemi yang mengharuskan aktivitas di rumah saja tetapi kebutuhan pokok dapat terpenuhi.

Donasi tanaman sayuran disalurkan ke anggota ‘Aisyiyah melaui Pimpinan Cabang dan Ranting. Kecuali distribusi tanaman secara langsung ke anggota, sisa tanaman donasi juga akan dibagikan dengan sistem adopsi. Sistem adopsi ini diharapkan, keluarga terdampak Covid-19 lebih merasakan manfaatnya.

Walaupun diutamakan tanaman sayur, donasi tanaman keras ataupun tanaman obat keluarga tetap diterima oleh Gerakan Pembuatan Warung Hidup. Pada Kamis, 14 Mei 2020 Posko Katavid PDA Kota Pekalongan yang beralamat di Landungsari Gang 11 No. 2 juga menerima donasi Bibit Kelor yang berupa stek batang, sereh dan juga sirih yang siap tanam. Donasi tersebut berasal dari salah satu personal PDA Kota Pekalongan.

Syarat mengadopsi tanaman di Posko cukup mudah. Cukup datang ke Posko Katavid PDA Kota Pekalongan, mencatat tanda terima, siap merawat tanaman dengan baik dengan harapan tumbuh dengan hasil optimal. []

Reporter: Fawaid
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here