PBSI UM Surakarta Ranking 2 Nasional Sinta Score Kementerian Ristekbrin

0

TabloidCermin.Com, Surakarta – Prestasi akademik kembali diraih oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kali ini ditorehkan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang berhasil memeroleh peringkat 2 di Sinta Score nasional. Capaian prestasi ini didasarkan oleh kinerja luaran publikasi di Sinta dan jurnal internasional bereputasi Scopus maupun WoS. Ini dinilai sebagai prestasi yang sangat bagus dan strategis sebab menduduki ranking 2 nasional di antara jumlah prodi PBSI sebanyak 261.

Sekretaris Prodi PBSI Laili Etika Rahmawati menuturkan, Sinta (Science dan Technology Index) merupakan portal pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengukuran tersebut berasal dari pengindeks-an dokumen keluaran hasil penelitian atau karya ilmiah. Bisa berupa artikel maupun buku sebagai hasil kinerja ilmiah peneliti dan penulis.

“Fungsi dari Sinta yakni untuk memotret kinerja publikasi ilmiah dan penilaian ini diverifikasi secara terus menerus. Bahkan setiap tahun ada laporan kemajuannya,” katanya.

Laili menambahkan, penilaian ranking di Sinta tidaklah instan. Peringkat diambil dari 5 year score dan dalam kurun waktu 5 tahun tersebut PBSI UMS mendapat ranking 2 dari 261 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dengan angka 55 dan all years score menunjukkan angka 182. Data tersebut secara spesifik menunjukkan terkait dokumen scopus ada30 dengan sitasi 77 dan dokumen google 3.337 dengan total sitasi 1.758.

“Pencapaian ini tentu tidak seketika. Segala upaya dilakukan oleh Prodi PBSI FKIP UMS secara terus-menerus dan berkelanjutan. Semua elemen dilibatkan untuk hal ini. Dengan dasar pengelolaan prodi berbasis keluaran maka semua aktivitas yang strategis dilakukan dengan 0berorientasi pada keluaran,” imbuhnya.

Selain keluaran hasil riset kompetitif yang dilakukan oleh dosen, Prodi PBSI FKIP UMS juga mendesain kegiatan pengembangan program studi untuk mencapai target tersebut. Kegiatan tersebut di antaranya adalah program riset kolaborasi dosen dengan mahasiswa, pertemuan ilmiah rutin yang diselenggarakan setiap bulan, pengelolaan sistem skripsi berbasis keluaran, pengiriman dosen sebagai pemakalah dalam kegiatan ilmiah, dan pendampingan serta klinik penulisan artikel bereputasi.

Laili ingin ke depan bisa lebih baik. “Target kedepannya, minimal kami bisa mempertahankan ranking tersebut sembari berikhtiar semoga bisa berada di posisi teratas yakni posisi pertama,” harapnya. []

Reporter: Fawaid/Bangkit N
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here