Fakultas Ilmu Kesehatan UMPP Lakukan Pendampingan Intensif Program PASHMINA Pekalongan

0
Salah satu pelatihan yang dilakukan Pashmina Pekalongan (foto/istimewa).

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Dalam rangka menjalankan salah satu dharma perguruan tinggi berupa pengabdian masyarakat, Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) melakukan pendampingan secara intensif kepada Naysiatul Aisyiyah Kabupaten Pekalongan untuk menjalankan salah satu programnya yaitu Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah (PASHMINA) Kabupaten Pekalongan.

PASHMINA merupakan salah satu program unggulan Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Pekalongan yang bertujuan untuk mewujudkan remaja yang sehat, tangguh, solih dan berkarakter. Dalam pelaksanaan PASHMINA, nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Pekalongan telah menjalin kerjasama tidak hanya dengan UMPP tetapi juga dengan DINKES, Dinas PMD P3A PPKB, Dinporapar, PMI dan MGBK Kabupaten Pekalongan.

PASHMINA memiliki enam pos layanan yaitu: Pos Pendaftaran dan Pemeriksaan Indeks massa tubuh, pos pemeriksaan hb, pos konseling kesehatan reproduksi remaja, pos konseling psikologi remaja, pos edukasi, serta pos konseling gizi dan pemberian makanan tambahan.

“Peran kami disini adalah turut berpartisipasi dalam melatih para kader dan motivator pashmina di cabang-cabang, membekali mereka dengan ilmu kesehatan reproduksi, psikologi remaja dan gizi remaja yang sesuai dengan layanan yang ada di Pashmina,” kata Siti Khuzaiyah, Dosen Prodi Kebidanan UMPP, salah satu penggerak PASHMINA Kabupaten Pekalongan.

Selain itu dosen-dosen juga bisa masuk pada ranah pelayanan PASHMINA langsung sebagai konselor di pos konseling kesehatan reproduksi, konseling gizi, konseling psikologi, cek hb, dan juga edukator di pos edukasi.  Selain dosen, beberapa organisasi kemahasiswaan di UMPP juga sudah turut berpartisipasi menyemarakkan kegiatan PASHMINA; yaitu Himpunan Mahasiswa Kebidanan (HISDAN), Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) dan Korps Sukarela (KSR).

“Kami berharap, ke depan akan lebih banyak lagi dosen dan mahasiswa yang terlibat di kegiatan ini. Selain sebagai wadah pengabdian masyarakat, ini juga bisa menjadi lahan mahasiswa dalam mempraktikkan ilmunya di masyarakat secara langsung,” demikian ungkap Herni Rejeki, Dekan fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Meskipun saat ini kegiatan PASHMINA offline berhenti lantaran Covid-19, para tim pengabdian masyarakat PASHMINA yakin bahwa dengan modal semangat para pengurus Cabang Ranting Nasyiatul Aisyiyah di Kabupaten Pekalongan, kegiatan PASHMINA akan kembali aktif setelah pandemi Covid-19 hilang.

“Dalam waktu dekat kami akan menyelenggarakan kegiatan PASHMINA online, dimana para remaja dapat melakukan konsultasi terkait kesehatan, psikologi dan gizi yang mereka alami melalui media online seperti Whatsapp dan zoom,” tegas Khuzaiyah. []

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here