UMPP Bentuk Relawan Pendidik Covid-19 di Kabupaten Pekalongan

0
Pendidik Covid-19 Muhammadiyah mengedukasi warga Pekalongan. (foto/istimewa)

TabloidCermin.Com, Pekalongan – Menyadari betapa cepat dan mudahnya Covid-19 menular, beberapa dosen dari Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) bekerjasama dengan Tim penanggulangan Covid (TPC) Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan membentuk relawan pendidik covid di Kabupaten Pekalongan.

Proses pembentukan relawan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: koordinasi dengan PDM Kab Pekalongan, pendaftaran anggota relawan pendidik yang berasal dari cabang ranting Muhammadiyah se Kabupaten Pekalongan, edukasi online melalui Whatsap dan Zoom, serta pendampingan relawan pendidik secara berkelanjutan melalui grup whats ap. Proses edukasi melibatkan Tiim Muhammadiyah Covid Centre PP Muhammdiyah, MDMC dan Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk relawan pendidik yang siap memberikan edukasi tentang apa itu coronavirus, bahaya covid-19, pencegahan covid-19, serta peran apa yang dapat dialkukan oleh masyarakat dalam mencegah penularan covid-19. Sampai akhir Maret 2020 telah terkumpul data relawan kurang lebih 250 orang berasal dari Cabang dan Ranting Muhammadiyah se Kabupaten Pekalongan,” ungkap Siti Khuzaiyah, Kordinator Relawan Pendidik Covid-19 yang juga dosen Kebidanan di UMPP dan anggota TPC PDM Kabupaten Pekalongan.

Setelah para relawan pendidik mendapatkan edukasi secara online, mereka kemudian melakukan edukasi kepada masyarakat terdekat di desa dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan. Relawan juga membuat masker, membagi masker, membagi hand sanitizer, membagi brosur covid-19, dan menempel poster covid di tempat-tempat strategis. Beberapa cabang ranting juga melakukan edukasi melalui pengeras suara masjid, pengeras suara keluarahan dan juga mobil keliling.

“Melalui kegiatan edukasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami covid-19 secara lebih baik, sehingga dapat turut mencehag penularan covid-19 secara maksimal,” imbuh Siti Khuzaiyah. []

Reporter: Ilyas
Editor: M. Arif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here