Semarakkan Ramadhan, PDNA Kab Pekalongan Gelar Lomba PASHMINA Dan Duta Remaja Sehat

0

Pekalongan – Setelah setahun kegiatan Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah (PASHMINA) terhenti dikarenakan pandemi Covid-19, pada Ramadhan 1442 H ini Pimpinan Daerah Nasyiatul Aiyiyah (PDNA) adakan Lomba PASHMINA dan Pemilihan Duta Remaja Sehat PASHMINA Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat cabang ranting dalam berdakwah di Naysiatul Aisyiyah melalui kegiatan PASHMINA pasca terhenti lebih dari setahun. Lomba ini mengangkat tema “Ramadhan Sehat dan Ceria Bersama PASHMINA”.

PASHMINA merupakan salah satu program kegiatan unggulan Nasyiatul Aisyiyah, khususnya di Kabupaten Pekalongan. PASHMINA merupakan program sosial yang menyasar remaja dan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan remaja. PASHMINA memiliki enam Pos yaitu 1) Pos pendaftaran dan pengukuran indeks massa tubuh, 2) pos pemeriksaan haemoglobin (untuk mendeteksi anemia pada remaja, 3) pos konseling kesehatan reproduksi remaja, 4) pos konseling psikologi remaja, 5) pos konseling gizi, serta 6) pos edukasi.

Pelaksanaan lomba PAHSMINA pada Ramadhan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti mencuci tangan sebelum pelayanan, pemakaian masker, menjaga jarak dan mencegah keurmunan.

Kegiatan PASHMINA diikuti oleh enam Cabang Naysiatul Aisyiyah yaitu Cabang Kajen, Pekajangan, Siwalan, Talun, Bojong, Pencongan, dan Kesesi. Penilaian lomba PASHMINA mencakup aspek kesesuaian dengan tema, kesesuaian layanan, kearifan lokal yang diangkat, serta berbagai aspek lain terkait protocol kesehatan dan juga aspek kualitas video rekaman PASHMINA yang dikirimkan kepada panitia.

Sementara itu, untuk lomba duta remaja sehat PASHMINA bertujuan untuk meningkatkan partisipasi remaja dalam mewujudkan remaja sehat. Pemilihan duta remaja PASHMINA mencakup dua aspek penilaian yaitu tes tertulis dan oral presentasi melalui video. Duta remaja PASHMINA diharapkan akan menjadi generasi masa depan yang siap berkampanye terkait pentingnya menjaga kesehatan remaja untuk masa depan yang lebih baik.

Terkait pengumuman lomba, panitia akan melakukan penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan akan diumukan pada bulan Juni 2021.

“Semoga kegiatan semarak dan lomba PASHMINA di bulan Ramadhan ini dapat meningkatkan kembali motivasi para pengurus PASHMINA untuk terus bertindak positif di tingkat cabang ranting. Selain itu, adanya kegiatan PASHMINA di bulan Ramadhan semoga dapat meningkatkan kualitas kesehatan remaja di sekeliling kita,” kata Siti Khuzaiyah, Ketua Umum PDNA Kabupaten Pekalongan.

Rep : Kartika

Editor : Il

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here