K. Tafsir: Pentingnya Kreatifitas Budaya Di Medan Dakwah

0

Surakarta – Menjelang Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48, Panitia melakukan beberapa persiapan. Salah satunya ialah Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah.

Kegiatan ini dilangsungkan pada tanggal 22-24 Juli 2022 di Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pemateri pertama ialah Ketua PWM Jawa Tengah K. Tafsir dengan tema “Musik dan Dakwah Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah.”

K. Tafsir mengatakan,  warga Muhammadiyah harus berani untuk melakukan cara baru dalam berdakwah ditengah era baru, yakni melalui dakwah budaya.

“Muhammadiyah harus bisa membangun kreatifitas budaya di medan dakwah,” kata dosen UIN Walisongo Semarang tersebut.

Menurutnya, Indonesia sangat kaya akan budaya, maka pendekatan yang efektif untuk sekarang adalah dengan pendekatan budaya.

“Muhammadiyah tidak mesti harus berpatok pada MKCH dan Ad Art, melainkan harus ingat bahwa Muhammadiyah pun jangan lupa untuk terus membangun kreatifitas budaya, sehingga masyarakat dapat mudah menyatu dengan muhammadiyah,”ucapnya.

Tafsir menambahkan, jika pendekatan budaya benar-benar diterapkan dalam berdakwah, maka bukan tidak mungkin akan semakin banyak masyarakat yang tertarik dengan gerakan Muhammadiyah.

“Semakin mudah dipahami agamanya, semakin banyak pengikutnya, semakin dekat dengan budaya masyarakatnya, semakin diterima juga oleh masyarakatnya.,” tuturnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here